Apa itu Salep Acyclovir?

Salep Acyclovir adalah obat yang dioleskan ke kulit untuk mengobati luka dingin. Acyclovir bekerja dengan memperlambat pertumbuhan virus herpes, sehingga mengurangi wabah dan tingkat keparahannya.

Salep Acyclovir dapat digunakan pada orang dewasa dan anak-anak yang memiliki gejala dari luka dingin berulang dan yang gejalanya tidak dikendalikan dengan obat antivirus resep seperti Famciclovir atau Valacyclovir. Seharusnya tidak diberikan kepada wanita hamil atau orang yang memiliki infeksi HIV atau AIDS karena dapat menyebabkan efek samping yang serius bagi kelompok ini. Salep Acyclovir memperlambat waktu penyembuhan untuk lesi yang disebabkan oleh HSV-1 tetapi tidak menyembuhkannya. Sekali pengobatan dihentikan, kekambuhan mungkin terjadi.

Salep Acyclovir dapat dibeli di apotek dengan resep dokter. Harga salep Acyclovir di apotek cukup terjangkau. Obat ini harus diterapkan sesegera mungkin setelah wabah luka dingin muncul, lesi kulit biasanya sembuh total dalam tujuh hari. Ini harus diterapkan secara rutin dan seluruh area ditutupi dengan lapisan tipis, orang harus menghindari menyentuh salep dengan jari mereka dan selalu mencuci tangan setelah mengoleskannya.

Beberapa kemungkinan efek samping salep Acyclovir termasuk rasa sakit, terbakar atau gatal di tempat aplikasi, melepuh, sensasi kesemutan dan perubahan warna kulit. Paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko ruam kulit, jadi orang harus menghindari paparan sinar matahari saat menggunakan salep Acyclovir. Siapa pun yang telah menggunakan salep Acyclovir dan mengalami ruam kulit atau demam harus segera mencari pertolongan medis.

Salep Acyclovir bukanlah obat untuk luka dingin, tetapi dapat mengurangi durasi dan tingkat keparahan wabah pada orang yang sering kambuh.

Bagaimana Anda Dapat Menggunakan Salep Acyclovir?

Salep Acyclovir tersedia dengan resep dokter dan dapat dioleskan sesering yang direkomendasikan dokter. Orang yang menerima wabah herpes secara teratur dapat memperoleh manfaat dari penggunaan obat ini. Oleskan salep Acyclovir ke area yang terinfeksi sebanyak 5 kali sehari tiap 4 jam sampai gejalanya hilang, lalu lanjutkan menggunakannya setiap hari untuk menekan wabah di masa depan. Tidak perlu mencuci area setelah mengoleskan salep Acyclovir. Jika Anda merawat seorang anak, gunakan dosis yang sesuai untuk usia dan berat badan mereka seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Untuk luka dingin di dalam mulut, oleskan salep Acyclovir setidaknya 5 kali sehari, untuk herpes genital, oleskan salep sesuai kebutuhan. Untuk pencegahan herpes genital, satu aplikasi dapat digunakan setiap hari.

Uji Klinis

Salep Acyclovir telah terbukti efektif dalam mengobati wabah awal dan episode berulang dari luka dingin (herpes oral). Dalam uji klinis yang melibatkan orang dengan luka dingin, sekitar setengah dari peserta menggunakan salep Acyclovir 5 kali sehari selama 1 minggu. Setengah lainnya menerapkan plasebo (obat yang mirip) dengan frekuensi yang sama untuk jangka waktu tersebut. Pada akhir percobaan, 43% orang dalam kelompok Acyclovir melaporkan kesembuhan total dibandingkan dengan 21% pada kelompok plasebo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *