Tips Memilih SPBU Terdekat Yang Aman Dan Nyaman!

Ketika anda memiliki sebuah kendaraan tentu membutuhkan yang namanya bahan bakar. Baik mobil atau motor sama-sama membutuhkan bahan bakar meski jenisnya berbeda. Untuk keduanya tentu anda akan mengunjungi SPBU terdekat, agar pengisian bahan bakar bisa dilakukan lebih cepat.

Cari SPBU Terdekat, Terapkan 5 Hal Ini!

Permasalahan di SPBU yang sering muncul adalah ketidaknyamanan para konsumen terkait takaran BBM yang sering ngawur. Untuk itu ada beberapa tips agar anda bisa tetap nyaman melakukan pengisian bahan bakar motor di SPBU.

  • Melihat kode SPBU, pertama sekali Anda bisa melakukan cara yang tepat yaitu dengan memperhatikan kode SPBU. Kode tersebut dapat dengan mudah anda lihat pada plang besar ketika memasuki wilayah SPBU. Nah di sarankan anda untuk memilih SPBU yang kepemilikannya atas nama Pertamina. Karena biasanya kualitas BBM dan kontrolnya juga lebih bagus dibanding kepemilikan swasta. Cara melihatnya yaitu dengan melihat kode kedua setelah kode wilayah. Kode pertama merupakan kode wilayah lalu kode kedua artinya kepemilikan. Jika angka 1 berarti kepemilikan atas nama Pertamina, sedangkan angka 4 adalah kepemilikan swasta atau perseorangan.
  • Perhatikan petugas SPBU secara khusus, agar lebih terkendali maka ketika mengisi bahan bakar maka anda harus memperhatikan bagaimana petugas tersebut melakukan tugasnya. Perhatikan bagaimana petugas menggunakan handle selang, apakah handle ditekan atau dilepas. Jika handle ditekan terus menerus, sebenarnya hal tersebut bisa mempengaruhi takaran bensin jadi jumlah bensin yang dikeluarkan lebih sedikit dari semestinya.
  • Lakukan pengisian bahan bakar saat pagi hari, Anda sebaiknya mengunjungi SPBU terdekat pada pagi hari. Hal ini bukan tanpa sebab, karena saat Anda mengisi bahan bakar pada pagi hari temperatur tanah masih dingin. Tentu hubungannya adalah dengan tangki penyimpanan bahan bakar yang ada di bawah tanah. Jika tanahnya dingin maka bahan bakar akan semakin padat, sementara jika tanahnya panas maka bahan bakar akan memuai.
  • Jangan isi tangki saat benar-benar kosong, sebaiknya anda melakukan pengisian bahan bakar saat tangki setengah penuh. Sebabnya adalah ketika bahan bakar semakin banyak di tangki maka udara di tangki semakin sedikit pula. Saat tangki terlalu banyak udara,maka Bahan bakar apa lagi untuk jenis bensin lebih cepat menguap.
  • Jangan isi tangki saat ada truk tangki bahan bakar, anda mungkin merasa ini tidak ada hubungannya padahal tentu saja ketika anda mengisi bensin atau bahan bahan bakar lainnya dan di satu sisi ada truk tangki maka bisa saja ada kotoran yang berada pada bagian dasar tangki penyimpanan yang ikut naik dan masuk ke tangki kendaraan anda. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kualitas dari bahan bakar yang masuk ke tangki kendaraan dan juga ke mesin kendaraan.

Mencari SPBU Terdekat Lewat LinkAja

Setelah anda mengetahui beberapa tips diatas, tentu anda jadi paham bagaimana menemukan SPBU terdekat yang membuat lebih nyaman dan waspada. Selain itu ada cara terbaik untuk menemukan SPBU yang terdekat dari lokasi anda. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi LinkAja. Website atau aplikasi untuk bisa melihat daftar SPBU Pertamina di berbagai lokasi di Indonesia.

Nah menariknya, semua SPBU terdekat yang masuk dalam daftar tersebut bisa dilakukan pembayaran non tunai melalui aplikasi LinkAja. Jadi ketika anda tidak membawa uang cash, apa bisa melakukan pembelian bensin atau solar non tunai dengan LinkAja. Tentu saja lebih mudah dan tidak merepotkan, terutama ketika melakukan perjalanan jauh. Jadi semakin mudah pembayaran apapun lewat LinkAja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *